Ateriosklerosis Adalah

Ateriosklerosis Adalah

Pernahkah kamu mendengar tentang ateriosklerosis? Penyakit jenis apa itu? Menurut alodokter.com ateriosklerosis adalah penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri. Hal ini terjadi ketika lapisan sel pada dinding dalam arteri yang bertugas menjaga kelancara aliran darah mengalami kerusakan. Plak yang dapat menyebabkan ateriosklerosis adalah kolesterol, kalsium, fibrin dan zat lemak. Penyakit ini terjadi dapat dari masa anak-anak dan berkembang secara perlahan. Gejalanya baru mumcul ketika usianya mencapai lima puluh sampai enam puluh tahun. Penyakit  ini dapat dihindari dengan mengubah gaya hidup.

Lalu apa saja gejala dari penyakit ini? gejala ini akan terasa ketika arteri sudah sangat menyempit dan penghambat peredarah darah menuju jaringan atau organ tubuh. Gejala juga akan muncul bergantung pada lokasi terjadinya ateriosklerosis seperti:

  1. Otak

Mengakibatkan tangan dan kaki kaku atau lemah, otot wajah juga akan lemah, kehilangan penglihatan sementara pada salah satu mata dan mengalami kesulitan dalam berbicara.

  • Ginjal

Hal ini akan mengakibatkan gagal ginjal dan tekanan darah tinggi.

  • Tangan dan kaki

Menimbulkan nyeri saat berjalan (klaudikasio).

  • Jantung

Menyebabkan nyeri dada (angina).

Bagaimana cara mendiagnosis penyakit ini? Jika kamu terindikasi penyakit ini akan dilakukan pemeriksaan yang diawali dengan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan lanjutannya meliputi:

  1. EKG (elektrokardiogram)

Hal ini dapat dilakukan untuk memeriksa aktivitas jantung yang dapat menunjukkan bukti serangan jantung sebelumnya.

  • Stress test atau pemeriksaan treadmill

Ini dapat dilakukan untuk memeriksa aktivitas elektrik jantung dan tekanan darah saat melakukan kegiatan fisik.

  • Pemindaian

Peliputi magnetic resonance angiogram (MRA) dan CT scan untuk memeriksa kondisi arteri.

  • Angiogram dan katerisasi jantung

Hal ini merupakan pemeriksaan kondisi arteri jantung dengan menyuntikkan zat kontras (pewarna) pada arteri sehingga dapat terlihat melalui foto R.

Menurut hellosehat.com terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko dari penyakit ini. Faktor risiko dari aterosklerosis adalah tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi dalam darah, gaya hidup tidak aktif seperti jarang olahraga, merokok, diabetes dan obesitas. Kamu dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasinya seperti:

  1. Ubah pola makan

Mengubah pola makan memang tidak mudah. Namun kamu dapat melakukannya untuk menghindari berbagai macam penyakit. Terlalu banyak makan makanan mengandung lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Semakin tinggi kadar kolesterol jahat maka akan membuat plak berkembang lebih besar. Selain lemak, kamu juga dapat mengurangi asupan gula dan garam. Kamu dapat mengonsumsi makanan segar untuk menghindari makanan yang tidak sehat.

  • Berhenti merokok

Kita semua tahu bahwa rokok selalu memberi dampak negatif pada tubuh, termasuk dalam memberi penyakit pada tubuh, salah satunya adalah aterosklerosis. Sebaiknya kamu berhenti merokok karena merokok dapat merusak dinding pembuluh darah sehingga plak makin mudah terbentuk.

  • Olahraga teratur

Dengan olahraga teratur kamu akan mengurangi lemak darah tubuh, dapat mengontrol berat badan dan menurunkan tekanan darah. Lakukan olahraga selama seratus lima puluh menit perminggu atau tiga puluh menit perhari.

Penyakit ini dapat menyebabkan penyakit lainnya jika tidak ditangani dengan benar. penyakit yang dapat disebabkan dari aterosklerosis adalah penyakit jantung koroner, penyakit arteri perifer, penyakit ginjal kronis, dan penyakit arteri karotis. Melihat cukup banyak penyakit serius yang disebabkan oleh penyakit ini, kamu tidak boleh menganggap remeh gejala yang ada. Segeralah berkonsultasi pada dokter untuk penanganan yang tepat. Kamu dapat mengenali gejala dan melakukan pencegahan dari penyebab penyakit ini. Dengan menjalani hidup sehat, kamu akan terhindar dari penyakit ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *